Lima Cara Mahasiswa Untuk Menumbuhkan Semangat Belajar di Kampus

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh: Dewi Sukmawati*

Motivasi belajar yang dimiliki oleh mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berperan penting untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin sulit pembelajaran tersebut karena adanya penambahan materi atau program-program pembelajaran.

Belajar merupakan salah satu hal yang penting atau hal yang pokok di dalam kehidupan. Mahasiswa yang malas untuk belajar tentu memiliki alasan yang berbeda-beda, ada yang merasa lelah dan putus asa karena nilai yang diperoleh tidak memuaskan, ada yang mempergunakan waktu luangnya untuk senang-senang, ada yang tidak memiliki semangat untuk belajar, dan ada pula yang susah untuk berkonsentrasi ketika belajar. Hal ini dikarenakan dalam proses belajar terkadang semangat dan motivasi yang dimiliki seorang mahasiswa mengalami naik dan turun.

Usia remaja memang rentan terhadap hal-hal baru seperti lingkungan dan pergaulan baru, hal ini juga menjadi salah satu faktor mengapa remaja banyak yang malas untuk belajar. Kurangnya kesadaran ini berpengaruh pada cara belajarnya mahasiswa. Tak heran bila terkadang mahasiswa kehilangan motivasi untuk belajar dan lebih memilih melakukan hal yang menghabiskan banyak waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk belajar.

Berbagai macam cara menumbuhkan semangat belajar dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar mahasiswa. Berikut ini beberapa cara mahasiswa untuk menumbuhkan semangat belajar dikampus:

1. Menjadikan Orang Tua Sebagai  Motivasi Utama

Menjadikan orang tua sebagai motivasi utama adalah hal yang harus disadari oleh setiap mahasiswa, dan ingatlah tujuan utama saat kuliah ambisi untuk membuat orang tua bangga, suksesnya kita karena doa orang tua, karena ridho kita ada pada kedua orang tua. Banyak kita ketahui bahwa di zaman sekarang tidak sedikit anak yang kuliah hanya ingin mencari status, tidak bersungguh-sungguh untuk mencari ilmu, bahkan hanya karena malu pada teman-temannya karena ia tidak kuliah.

2. Memiliki Tujuan Belajar

Memiliki tujuan belajar sangat penting bagi mahasiswa, karena tanpa tujuan biasanya kamu akan males banget untuk belajar. Dengan memiliki tujuan belajar, kamu bisa termotivasi untuk melakukannya. Tujuan belajar bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana misalnya, supaya memiliki ilmu yang yang tidak setiap orang belum pasti mendapatkannya, dengan belajar dapat meningkatkan nilai yang, cepat lulus kuliah, dan lain sebagainya.

3. Belajar Bersama

Salah satu cara membangkitkan semangat belajar adalah dengan melakukan belajar bersama teman, dengan demikian semangat belajar akan tumbuh pada diri mahasiswa, bisa dimulai dengan diskusi tentang mata kuliah yang kurang dipahami saat di kelas, kemudian bahas bersama dan cari solusi sehingga dapat memahami materi tersebut. Sesekali Anda bisa mencoba metode belajar yang berbeda seperti membuat pembagian peran, studi kasus, simulasi, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil.

4. Menciptakan Kondisi Belajar yang Kondusif

Seringkali kondisi tertentu mengganggumu untuk belajar. Kamu jadi malas belajar karena kondisi sekitar kamu yang kurang kondusif. Misalnya, meja kamu berantakan, kotor, ruangannya berisik.
Kelas yang aman dan tidak mendikte umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha. Hal ini akan berpengaruh terhadap minat belajarnya dan akan menumbuhkan motivasi belajar secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka mahasiswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.Untuk itu, ciptakanlah kondisi belajar yang kondusif menurut kamu. Kamu bisa membersihkan meja kamu dulu dan mencari tempat yang lebih sepi.

Oh iya, kamu juga bisa belajar sambil mendengarkan musik klasik lho. Musik klasik dapat membantu kamu lebih berkonsentrasi ketika belajar.

5. Berhenti Menunda-Nunda

Kebiasaan mahasiswa adalah menunda-nunda mengerjakan tugas,mereka suka mengerjakan tugas saat dekat deadline. Tanpa disadari,menunda- nunda pekerjaan akan menghabiskan waktu kamu dengan sia-sia, dan hasil yang dikerjakan tidak maksimal.

Mungkin langkah awal untuk memulai belajar terasa menjadi beban yang paling berat. Padahal ketika kamu sudah memulai belajar kamu secara otomatis akan merasa beban tersebut hilang. Mulailah dengan membuat jadwal belajar, jadwalkan aktifitas keseharian kamu selama seminggu. Kemudian mulai untuk mengerjakan satu-persatu tugas yang diberi, agar tidak terbiasa untuk mengerjakan tugas saat deadline, yang menyebabkan hasil yang tidak maksimal.

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan didunia,karena dengan pendidikan kita dapat mengubah dunia”

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments: