Khasiat Buah Nanas

Bagikan:
Net
Oleh : Devi Novianita

Nanas (Ananas Comocus) merupakan buah semak yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subropis. Buah nanas memiliki sebutan nama yang berbeda di beberapa daerah seperti nama danas (Sunda), neneh (Sumatra), pina (Spanyol), pineapple (Inggris), dan lain- lain.

Buah nanas berasal dari Amerika tropis, yaitu Brazil, Argentina, dan Peru. Tanaman nanas telah tersebar ke seluruh penjuru dunia, terutama di daerah sekitar Khatulistiwa antara 30 ° LU dan 30 ° LS. Di Indonesia daerah penghasil nanas terbanyak adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatra Selatan, dan Riau. Nanas masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).

Satu pohon nanas dapat menghasilkan satu buah nanas dan pohon tersebut dapat hidup dengan mudah di dataran tinggi maupun dataran rendah. Nanas merupakan buah yang memiliki rasa manis dan tidak hanya ditanam untuk dijadikan konsumsi segar tetapi juga dapat dijadikan bahan baku industri seperti jelly, selai nanas, sirup nanas, dan nanas kalengan.

Nanas merupakan tanaman herbal yang dapat hidup di berbagai musim. Tanaman nanas merupakan jenis tanaman monokotil bersifat tahunan yang mempunyai rangkaian bunga buah yang terdapat di ujung batang.

Buah nanas mempunyai berbagai macam kandungan gizi yaitu protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalori, zat besi, vitamin A, vitamin B,vitamin C, vitamin B2,  magnesium, kalsium, natrium, sukrosa, dan enzim bromelin. Nanas mempunyai segudang khasiat yaitu dapat digunakan sebagai antibakteri yang menekankan pertumbuhan bakteri baik secara bakteriosida maupun bakteriostatik, untuk kesehatan kulit, kesehatan mata, sumber tenaga, baik untuk pencernaan karena kaya akan serat, mencegah kanker usus, menangkal sakit akibat perut kembung, dan menyembuhkan asam urat.

Asam urat dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah nanas yaitu dengan menyiapkan bahan- bahan seperti ½ buah nanas, 200 gram lobak putih, 3 biji kemiri, dan 200 ml air. Caranya yaitu pertama kupas lobak dan nanas lalu cuci bersih dan potong- potong, lalu masukkan semua bahan ke blender, setelah itu blender bahan tersebut sampai halus, terakhir tuangkan di gelas dan ramuan siap untuk diminum, lakukan setiap 3 bulan sekali untuk hasil maksimal.

Nanas memiliki banyak manfaat, namun kita tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena nanas bersifat tajam, jika dikonsumsi berlebihan akan melukai mulut dan perut, jadi konsumsi sewajarnya agar tubuh dapat terpenuhi kebutuhannya dan tetap terjaga kesehatannya.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

KESEHATAN

Komentar:

0 comments: