Kesiapan Layanan Telkomsel Regional Kalimantan dalam Momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Bagikan:

Pontianak, jurnalistiwa.co.id – Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru,  Secara nasional Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya.

Sebanyak 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi.

Selain itu secara khusus, Telkomsel membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik secara nasional yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon). Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 49 titik.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, baik secara nasional dan area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%.

Di samping itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Telkomsel Regional Kalimantan sejak beberapa bulan lalu telah melakukan serangkaian aktivitas untuk mengawal lonjakan trafik pada momen ini, yang terdapat 47 titik pusat keramaian public atau POI (Point Of Interest) pada periode Natal dan Tahun Baru ini, dengan klasifikasi 14 titik POI Platinum, 13 titik POI Gold dan 20 titik POI Silver yang didalamnya termasuk posko Crowd di Lapangan Merdeka Balikpapan.

General Manager ICT Operation Region Kalimantan  Rahmad Putra Jaya mengatakan, “momen Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.”

“Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” lanjut  Rahmad.

Peningkatan kapasitas network dilakukan di 47  titik  POI dengan melakukan penambahan 51  new site 4G yang tersebar di Kalimantan, kemudian upgrade capacity 4G di 10 titik lokasi dan mensiagakan 5 unit combat atau mobile BTS yang ditempatkan di titik-titik keramaian saat tahun baru dan tempat wisata untuk mengantisipasi lonjakan trafik sehingga pada saat perayaan pergantian tahun pelanggan dapat menggunakan layanan Telkomsel dengan nyaman.

Untuk memonitor trafik jaringan, Telkomsel  menyiapkan posko siaga network  yang standby 24 jam mulai tanggal 21 Desember 2018  hingga 3 Januari 2019 yang terdiri dari Posko Utama yang ada di Kantor Regional Balikpapan dan 5 Posko  Network Service yang ada di masing-masing lokasi Branch di luar kota Regional serta mensiagakan  69  personel standby siaga.

General Manager Sales Region Kalimantan Mulya Budiman menambahkan “dari sisi layanan pelanggan, Telkomsel Regional Kalimantan telah menyiagakan 64 Mobile GraPARI (MoGi) dan 375 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 6 GraPARI, 17 Grapari Mini,  91 Telkomsel Distribution Center (TDC)  di seluruh wilayah Kalimantan. Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram” tuturnya.

Mulya lebih lanjut menyampaikan pada periode Desember 2018 hingga Januari 2019, Telkomsel juga menggelar beberapa program yang khusus dihadirkan untuk pelanggan. Diantaranya adalah Pesta Akhir Tahun dengan membeli paket dan menukar Telkomsel POIN yang berhadiah Samsung J4, Yamaha NMAX, Honda HRV, hingga Mercy CLA. Selain itu juga ada program Paket Data Deal 25 Gb, Paket Smartphone TAU Lite 6, serta Main Game Seru dengan bertransaksi di GooglePlay berhadiah langsung paket data 500Mb. Info selengkapnya mengenai program-program ini dapat diakses melalui website resmi Telkomsel www.telkomsel.com dan aplikasi MyTelkomsel.

Dari sisi loyalty kepada pelanggan, Telkomsel Regional Kalimantan menggelar beberapa program diantaranya :

a. Diskon 20 – 30 %  di Lounge Garuda Area Pamasuka dengan melakukan redeem 30 Poin  yang berlaku dari tanggal  5  November - 31 Desember 2018.
b. Gebyar Tukar Poin Akhir Tahun (GEMPITA). Dalam program ini, Telkomsel menyediakan hadiah bagi 10 pemenang yaitu Grand Prize IPhone X  bagi 1 pelanggan penukar tertinggi di Area Pamasuka , 30 Gram Emas  bagi penukar terbanyak di masing-masing regional  selain pemenang utama, 3 Smartphone Samsung bagi penukar tertinggi kedua di masing-masing regional,  serta pulsa total 1,500,000 bagi 3 penukar tertinggi ketiga di masing-masing regional.
Untuk ikut dalam program ini Pelanggan dapat menukarkan minimal 100 Telkomsel POIN yang dimilikinya  dengan keyword sms ke 777 untuk masing-masing pelanggan: NARUKAL (untuk pelanggan Kalimantan).
c. Prority Proud VAGANZA,  program undian berhadiah  untuk pelanggan  yang berada di area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan PUMA) yang telah 1 tahun menjadi pelanggan Telkomsel melalui bintang yang dimilkinya, berlaku  dari  November 2018 – 31 Januari 2019. Bintang dapat diperoleh oleh Pelanggan dengan cara menggunakan layanan Telkomsel (penggunaan pulsa atau tagihan kartu Halo) minimal 70.000 selama 1 bulan. Semakin banyak bintang semakin banyak kesempatan untuk mendapatkan hadiah.
Untuk mengikuti program PRIORITY PROUD VAGANZA pelanggan harus melakukan pendaftaran program dengan cara ketik : PRIORITY(spasi)DAFTAR kirim ke 3936
Pelanggan dapat melakukan  berapa jumlah bintang yang dimilikinya  dengan cara SMS ketik  PRIORITY(spasi)BINTANG kirim ke 3936.

Di momen Natal 2018  ini Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan kepedulian sosial dengan tema “Kebahagiaan Untuk Semua“, yang digelar di beberapa kota di Indonesia termasuk di wilayah kerja Regional Kalimantan. Dalam kegiatan tersebut, Telkomsel secara nasional menyerahkan perlengkapan kebutuhan anak kepada 5.000 anak yatim/piatu atau kurang mampu melalui berbagai yayasan/panti asuhan serta menyerahkan bantuan sarana dan prasarana ibadah kepada 40 yayasan yang berada di sekitar lokasi operasional Telkomsel, melakukan kegiatan bersih-bersih Gereja / panti  dan memberikan paket sembako murah untuk 2.500 kaum dhuafa.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.  Lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Penulis: Humas Telkomsel
Editor: Sukardi




Bagikan:

IKLAN

NASIONAL

PONTIANAK

Komentar:

0 comments:

close