Dodol Nanas Sijang, 100% dari Nanas Segar

Bagikan:

Oleh: Tuti Alawiyah

Jika kita berkunjung kesuatu tempat atau suatu daerah tidak sah jika tidak membeli makanan yang menjadi khas dari daerah itu untuk oleh-oleh.

Oleh-oleh menjadi salah satu ciri khas dari masing-masing kota yang ada di Indonesia, salah satunya di Desa Sijang Kecamatan Galing Kabupaten Sambas Kalimantan barat.

Tentunya di Desa Sijang sekarang ada oleh-oleh yang khas dan tak ada di kota-kota yang lainnya.

Oleh-oleh dari Desa Sijang yaitu Dodol Nanas yang terbuat dari 100% Nanas asli di Desa Sijang.

Nanas merupakan contoh buah dari negara tropis yang memiliki cita rasa asam yang segar. Kandungan baiknya juga sangat beragam, ada vitamin C, vitamin A, beta karote, bromelain, dan lain-lain.

Selain enak disantap juga bisa menjadi cemilan. Nanas juga sangat nikmat saat dipadukan dengan aneka masakan.
Dodol nanas adalah panganan manis dari Indonesia dan Malaysia.

Proses pembuatannya dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang sangat lama dan membutuhkan keahlian khusus.

Untuk orang yang datang ke Desa Sijang, sebelum mereka pulang ke kota asalnya tentunya membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temannya yang ada di kota asalnya.

Jalan-jalan ke Desa Sijang tentu mengasikkan, banyak tempat yang dituju dan dikunjungi diantaranya Perbatasan Indonesia-Malaysia, Air Terjun Berasap dan masih banyak yang lainnya.

Tapi tidak lengkap bila beranjak dari Desa Sijang tanpa membawa jajanan khas Sijang dan Kalimantan Barat yaitu Dodol Nanas Sijang yang terbuat dari 100% dari Nanas Segar.

*Mahasiswi IAIN Pontianak
Bagikan:

KULINER

SAMBAS

Komentar:

0 comments: