Lihat Iklan

Deadline dan Stres? Berdamailah

Bagikan:


Oleh : Siti Nur Azizah*

“Tugas menumpuk dan dikejar Deadline” begitulah suasana yang dilalui oleh mahasiswa menjelang ujian akhir semester. Fenomena ini sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa, karena sudah menjadi kebiasaan ketika menjelang ujian semester para dosen akan memberikan tugasnya. Tugas tersebut dikumpulkan saat akhir perkuliahan atau saat ujian tiba. Tugas ini bukan hanya satu atau dua mata kuliah, bahkan hampir semua mata kuliah mendapati tugas.

Bagi mahasiswa yang rajin, tugas-tugas ini tidak menjadi suatu beban. Semua yang dijalankan dengan santai dan tepat waktu.lalu bagaimana dengan mahasiswa yang notabene biasa-biasa saja, tentunya ini akan menjadi suatu hal yang begitu berat. Akibatnya tugas dikerjakan asal-asalan, tidak perduli salah, pada intinya menumpulkan saja, itu sudah ahamdulillah.

Menghadapi ujian memang butuh persiapan yang matang agar segala sesuatu berjalan lancar sesuai target. Persiapan belum cukup jika hanya belajar, kadangkala rasa stres sulit untuk dihindari saat harus belajar semua materi satu semester dalam satu minggu atau bahkan satu hari. Stres pun berdampak kurang baik untuk kesehatan, terlebih saat menjelang ujian.Tugas dan ujian menjadi hal yang dengan ikhlas yang harus kita jalani, para mahasiswa.

Media sosial menjadi sasaran utama para mahasiswa ketika tugas mulai mendekati hari H. Jauh-jauh hari mereka tidak mempersiapkan tugas yang telah diberikan dosen karena rentang waktu pengumpulan masih terhitung lama. Mereka pun sibuk dengan urusan sendir-sendiri, alhasil mereka mengerjakan di akhir waktu pengumpulan.

Dengan waktu yang singkat itu tentunya akan membuat mahasiswa menjadi gupuh atau terburu-buru mengerjakan tugas. Akibatnya, mereka rela begadang semalaman bahkan tidak tidur untuk mengerjakan tugasnya. kebiasaan begadang mahasiswa untuk menyelesaikan tugasnya sampai tengah malam atau pagi yang juga dapat menimbulkan stres karena ketidakseimbangan pada sistem di dalam tubuh.

Jangan terlalu mengandalkan ‘The Power of Kepepet’, karena hasil akhir tugasmu tentu akan lebih baik bila dikerjakan dengan proses bertahap dibanding dengan asal jadi. Berikut ini ada beberapa tips mengurangi stres akibat deadline tugas kuliah diantaranya:

1. Tidur yang cukup
Tidur merupakan istirahat terbaik bagi tubuh yang lelah. Kebiasaan tidur terlalu larut malam dan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas kuliah dengan begadang bahkan tidak tidur sama sekali. Dari situ, ubahlah kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan baik. Pada umumnya orang dewasa memerlukan waktu istirahat setidaknya 7 – 8 jam setiap harinya. Efek kurang tidur dapat mendatangkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

2. Kurangi kopi perbanyak air putih
Mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan bagi para pejuang dadline yakni sebagai teman di saat lembur. Efek kafein dalam kopi  mampu menyegarkan tubuh kita, walau ini hanyalah kamuflase untuk sesaat saja. Dengan meminum minuman hitam pekat ini, tentu kamu akan terjada sehingga mencegahmu ketiduran saat mengerjakan tugas
Namun, menurut penelitian, kafein berlebihan bisa memperburuk efek stress. Begitu juga dengan alkohol dan minuman energi lainnya. Paling aman itu konsumsi air minum yang cukup (8 liter per hari). Kondisi badan yang sehat dan fit bisa membuat pikiran kita lebih jernih, sehingga lebih dapat mengatasi masalah. Jika kita bosan dengan air putih kita dapat menggantinya dengan Chinese tea, atau jus buah.

3. Makan Secukupnya
Untuk menjaga agar tubuh tetap fit atur lah pola makanmu. Tiga kali sehari, dan perbanyaklah makan sayur-sayuran. Jika kamu adalah tipe orang yang “perut kosong, otak juga kosong”, maka sebaiknya kamu makan malam dahulu sebelum mengerjakan tugas. Makanlah secukupnya saja, karena jika kamu makan terlalu berlebihan, maka kamu akan kekenyangan lalu mengantuk. Namun, jika kamu makan terlalu sedikit, kamu akan merasa masih lapar dan tidak konsentrasi saat mengerjakan tugas.

Selain itu kamu juga dapat menyediakan cemilan dan minuman di meja belajarmu, agar saat mengerjakan tugas dan merasa lapar atau haus, kamu tinggal ambil saja tanpa harus ke dapur dan membuang waktumu.

4. Berpikir positif
Dengan berfikir positif dapat meningkatkan rasa optimis kita. sikap optimisme dapat menangkal dampak negatif stress. Jika kita optimis bahwa deadline tugas kuliah akan bisa diselesaikan dengan cepat, tepat, dan benar, maka ketegangan dan kecemasan akan dealine tugas kuliah tersebut akan berkurang dan anda akan lebih fokus mengerjakan tugas tersebut.

5. Atur Posisi Duduk
Posisi ideal untuk mengerjakan tugas adalah dengan duduk di atas kursi dan menggunakan meja untuk menulis. Jangan mengerjakan tugas dengan posisi yang berpotensi membuatmu mengantuk, contohnya seperti tengkurap. Usahakan pula untuk tidak mengerjakan tugas di atas kasur, karena empuknya kasur akan menggodamu untuk segera tidur.

6. Jauhkan Gadget dari Jangkauan
Gagdet adalah godaan terbesar saat tengah mengerjakan tugas, baik itu untuk mengecek sosmed atau bermain game. Kamu harus menjauhkan gadge dari jangkauanmu, karena sekali kamu memainkannya maka kamu akan terlarut hingga berjam-jam, dan waktu berhargamu untuk mengejar deadline pun hilang begitu saja. Gunakan gadgetmu seperlunya.

7. Pasang Alarm Secara Berkala
Ketiduran adalah hal yang sangat mungkin terjadi ketika kamu mengerjakan tugas. Dari situ, kamu harus berkreasi untuk mencegah dirimu tertidur saat tengah menyelesaikan tugas. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memasang alarm secara berkala, semisal tiga puluh menit sekali. Dengan begitu, tentu tidurmu tidak akan keblablasan hingga pagi hari.

8. Mendengarkan Musik
Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Kamu bisa bisa mendengarkan lagu-lagu yang memang khusus diciptakan untuk mengurangi stress atau musik yang anda gemari.
Solusi diatas cukup efektif untuk diterapkan saat deadline tinggal menghitung jam. Namun kamu harus ingat, seefektif apapun tips-tips ini, tentu hasilnya akan lebih maksimal bila dikerjakan jauh-jauh hari. Tentunya hasil akhir tugasmu akan sesuai dengan yang diharapkan jika kamu memiliki banyak waktu untuk mengerjakan dan mengoreksinya.

*Mahasiswi IAIN Pontianak
Bagikan:

KESEHATAN

OPINI

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments:

close