Lihat Iklan

Daya Tarik dan Manfaat Makanan Pedas

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh : Sri Wahyuni

Siapa yang tidak kenal dengan makanan pedas. Ya, pedas merupakan rasa yang sangat dinikmati orang Indonesia. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa makanan pedas merupakan menu wajib yang harus ada ketika sedang makan.

Jika tidak ada makanan pedas, rasanya seperti ada yang hilang, dan terkadang makan pun jadi kurang nafsu. Hal ini kemudian menjadi pertanyaan, mengapa masyarakat tertarik dengan makanan pedas?

Seperti yang kita ketahui, saat mengkonsumsi makanan pedas tubuh kita akan mengeluarkan keringat, dimana keringat ini dapat mengeluarkan racun-racun berbahaya.

Selain itu, tubuh pun seolah-olah terbakar dimana muka kita akan memerah, berkeringat hingga mengeluarkan air mata akibat makanan pedas. Sensasi ini memicu reaksi pengalaman yang dianggap sebagai daya tarik masyarakat terhadap makanan pedas.

Kebanyakan masyarakat masih menganggap bahwa makanan pedas tidak baik  bagi kesehatan perut. Tapi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi makanan pedas, karena makanan pedas juga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kita asalkan kita dapat mengontrol makanan pedas itu dengan baik dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Manfaat makanan pedas sebagai berikut:

Melancarkan sirkulasi darah
Makanan pedas dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Cabai juga dapat membantu menguatkan dinding pembulu darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

Meredakan flu
Komponen aktif yang terdapat dalam cabai dapat membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu.
Makanan pedas juga dapat membantu membuka jalan napas.

Meningkatkan kesehatan jantung
Capsaicin yang terdapat dalam cabai efektif menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar koleserol baik (HDL) dalam tubuh.

Vitamin A dan C yang terkndung dalam cabai dapat memperkuat dinding otot jantung.

Menurunkan berat badan
Selain membuat kepedasan, kandungan capsaicin yang terkandung  dalam cabai juga dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh dapat lebih cepat terbakar.

Melepas stres
Level endorfin dan serotonin akan meningkat ketika kita mengkonsumsi cabai. Hormon ini berfungsi untuk melepas rasa stres atau depresi.

Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi makanan pedas, selagi kita bisa mengkonsumsinya dengan baik dan tidak berlebihan kita akan mendapatkan manfaatnya.

Tapi jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan maka akan berefek negatif bagi tubuh kita terutama perut. Makan pedas boleh tapi bijak dalam mengkonsumsinya juga perlu.

*Mahasiswi IAIN Pontianak
Bagikan:

KULINER

Komentar:

0 comments:

close