Dampak Buruk Makan Mie Instan bagi Kesehatan

Bagikan:

Oleh: Mamba'ul Munawaroh

Di zaman yang modern ini makan instan atau biasa disebut juga makanan siap saji ini semakin berkembang pesat di dalam persaingan perusahaan. Apalagi bagi orang yang super sibuk  makanan siap saji ini di anggap lebih praktis, mudah di dapatkan, tidak membuang banyak waktu dan pastinya harga yang dapat dijangkau.

Makanan siap saji memang bisa menjadi solusi untuk lebih menghemat waktu,  namun makanan siap saji bukanlah merupakan nutrisi bagi tubuh.
Tingginya kandungan lemak, kolestrol, garam, serta rendahnya vitamin, mineral yang terkandung dalam makanan tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan walaupun makanan siap saji tersebut tidak berdampak secara langsung terhadap tubuh.

Berikut adalah ulasan mengenai dampak buruk makanan siap saji.

Makanan Siap Saji Mengakibatkan Ketagihan
Dengan mengkonsumsi makanan siap saji seperti burger, mie, dan lain sebagainya dapat membuat seseorang terus menerus ingin mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan di dalam makanan siap saji terdapat bahan-bahan buatan  seperti gula dan pewarna makanan yang membuat makanan siap saji terlihat sangat menggugah selera.

Jika terlalu sering mengkonsumsinya dapat merugikan terhadap diri kita sendiri.

Munculnya Penyakit Kanker
Sudah kita ketahui bahwa makanan mie instan itu terdapat bahan lilin untuk melapisi mie agar tidak lengket jika di kemas ke dalam plastik.

Pada dasarnya semua makanan instan terdapat Monosodium Glutamate yang bertujuan agar citra rasa makanan menjadi lebih gurih dan lezat.

Tanpa disadari terlalu seringnya mengkonsumsi makanan instan dapat memicu penyakit kanker sepeti kanker hati, usus, dan kanker darah.

Keracunan
Kandungan bahan pengawet yang terdapat dalam makanan instan tersebut dapat menyebabkan seseorang keracunan apalagi setiap hari mengkonsumsi makanan instan tersebut tanpa mengindahkan nasi sebagai makanan pokok utamanya.

Gangguan Usus
Zat-zat kimia yang terdapat dalam makanan instan dapat melukai dinding usus.

Sebaiknya, anda yang kebetulan gemar terhadap makanan siap saji mulailah mengurangi sejak ini. Sebagai manusia yang membutuhkan kesehatan yang maksimal hendaknya mulailah menyayangi diri sendiri dengan mengkonsumsi makanan-makana yang sehat pula.

Penting sebagai pengerahuan bahwa makanan siap saji mengandung bahan lilin yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Dengan demikian kandungan lilin bisa dicerna oleh tubuh paling sedikitnya adalah dua hari.

*Mahasiswi IAIN Pontianak
Bagikan:

KESEHATAN

Komentar:

0 comments:

close