Lihat Iklan

Muncul Bintik Putih di Kuku, Ini Artinya

Bagikan:
Ilustrasi kuku. (Shutterstock)

Jurnalistiwa Online
- Bagian tubuh manusia seringkali memberi sinyal terkait kondisi yang Anda alami, mulai dari rambut, kuku, hingga bola mata.
Salah satu yang paling umum adalah munculnya bintik putih pada kuku. Banyak yang mengaitkan kondisi ini dengan mitos-mitos tak berdasar, seperti adanya orang yang rindu jika bintik putih muncul di kuku tangan sebelah kanan, dan ada yang membenci Anda jika bintik putih muncul di tangan sebelah kiri.
Faktanya, munculnya bintik atau garis di kuku jari Anda adalah tanda bahwa kemungkinan Anda mengidap sirosis, gagal ginjal kronis, hingga gagal jantung. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Andrew Weil, Direktur Pusat Pengobatan Integratif di Universitas Arizona.
"Kadang-kadang, perubahan dalam penampilan kuku Anda mengindikasikan penyakit yang mendasarinya, tetapi perubahan ini akan lebih dramatis daripada hanya bintik putih. Biasanya bintik putih yang harus dicurigai penyakit tertentu bersifat menyeluruh," kata Dr. Andrew.
Umumnya, lidah yang sehat berwarna merah muda dan tertutup tonjolan kecil yang disebut papillae. Sementara jika warna lidah Anda berwarna putih, maka waspadai kekurangan nutrisi dalam tubuh Anda. Dr. Allan menjelaskan kondisi ini sering bisa ditemukan pada perokok sebagai tanda potensi leukoplakia yang dapat mengarah pada kanker.Selain kuku, perubahan pada warna lidah juga tak boleh Anda anggap enteng. Kondisi lidah juga dapat memberikan berbagai petunjuk mengenai kesehatan Anda secara keseluruhan.
"Jika Anda melihat perubahan warna lidah menjadi putih, hubungi dokter gigi Anda untuk mengevaluasi," tambah Dr. Andrew.(Suara.com)
Bagikan:

KESEHATAN

Komentar:

0 comments:

close